Traveling

Pantai Karang Jahe di Rembang Sebagai Salah Satu Pilihan Wisata Pantai

Saya belum pernah berkunjung ke Rembang sehingga ketika diajak teman ke kota itu disambut dengan antusias. Kota Rembang berada di pesisir Utara Jawa, terletak di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Karena berada di pesisir pantai, tentunya pemandangan pantai bisa dinikmati. Beberapa pantai terdapat di daerah ini, Pantai Karang Jahe, menjadi pilihan wisata pantai untuk kami kunjungi. 

 Kami menjemput teman di Blora sebagai pemandu perjalanan wisata. Kami berangkat setelah bapak-bapak salat Jumat. Makan siang kali ini kami  menikmati sate Blora kembali tapi berbeda dengan kemarin kami pilih sate daging. Sebelum menuju ke lokasi, kami mampir ke tempat pemakaman ibu Kartini. 

 Perjalanan dilanjutkan ke Pantai Karang Jahe. Alhamdulillah, perjalanan kali ini tidak memerlukan waktu lama,kami melalui jalan dengan lalu lintas yang lancar. Pantai yang terletak jalur pantura antara Rembang dan Lasem. Yaitu di Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Hanya berjarak 7,5 kilometer dari pusat kota Rembang. 

Sampai di lokasi, kami hanya membayar parkir sebesar sepuluh ribu rupiah saja. Biaya masuk lokasi gratis. Suara  ombak sudah terdengar demikian juga  angin laut sudah kami rasakan. Setelah mendapat tempat parkir kami tidak langsung menuju pantai tapi mengabadikan momen  berharga di depan plang Wisata Bahari Karang Jahe Beach.

 Saat kami berkunjung bukan hari Minggu atau libur lainnya. Walaupun demikian masih terlihat pengunjung yang datang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

 Kegiatan pengunjung, ada yang berenang atau hanya main air laut saja. Bahkan ada yang hanya duduk santai menikmati angin laut bertiup sepoi-sepoi dan pemandangan laut nan indah.

 Sebelum kami masuk ke pantai, kami ditawarkan sewa perahu karet seharga Rp 25.000,00. Ada juga sewa ban untuk berenang sebesar Rp 10.000,00. Tempat untuk bilas terlihat ada pengunjung yang telah puas berenang atau yang bermain pasir.

Kami masuk ke lokasi pantai dengan pasir putih yang lembut. Anak-anak memanfaatkan pasir untuk membuat istana atau bentuk lain dari pasir yang lembut itu. Ada juga yang menulis di pasir dan membiarkan tulisan hilang tersapu air laut. Orang tua memperhatikan anak-anaknya sambil menikmati air kelapa muda. Di pinggir pantai terdapat tempat duduk-duduk sambil menikmati bekal yang dibawa atau membeli di lokasi. 

 Orang tua akan merasa aman ketika anak bermain pasir atau berenang. Permukaan pantai yang landai dan ombak yang tidak membahayakan. Sehingga pantai ini menjadi pilihan untuk liburan keluarga. 

 Sambil duduk dan berteduh dari teriknya mentari siang hari, kami bisa memandang ribuan pohon cemara. Susunan yang rapi sepanjang lebih kurang satu kilometer  nan memesona. kami berfoto dengan latar belakang pohon cemara.


 Ada juga yang menggelar tikar di bawah pohon cemara sambil menikmati kelapa muda langsung dari batok. Jangan khawatir yang lupa atau tidak bawa tikar, bisa menyewa dengan harga Rp10.000,00.

Sambil menikmati angin laut, kami memesan air kelapa muda. Terasa segar memenuhi kerongkongan yang kering karena teriknya pancaran sinar mentari.

Sepoi-sepoi angin laut membuat mata kami terasa berat. Sayang sekali, kalau sudah sampai di sini tidak menikmati pemandangan yang memesona. Karena ingin mengelilingi pantai tanpa bersusah payah jalan dan supaya kami bisa berjalan bersama,dan akhirnya diputuskan menyewa odong-odong. Harga sewa odong-odong sebesar Rp 10.000,00 untuk dewasa,  dan Rp 5.000,00untuk anak-anak. walaupun ada alternatif lain untuk mengelilingi pantai yaitu dengan menyewa juga ATV seharga  Rp 25.000,00 untuk waktu lima belas menit. 


Yang menarik, supir odong-odong bersedia berhenti jika kami ingin berfoto. Sopir itu yang akan bantu kami mengabadikan momen indah ini. Di sepanjang pantai tersedia spot yang menarik untuk berfoto, sambil menikmati pemandangan yang indah.

 Di pinggir pantai selain bisa menikmati kuliner juga menyediakan souvenir untuk buah tangan. Namun pilihan hanya sedikit sehingga tidak ada satu pun diantara kami yang membeli oleh-oleh di sini.

 Perjalanan kali ini memang tidak direncanakan untuk melihat sunset jadi hanya menikmati sunrise saja, berhubung  kami tidak mau kemalaman tiba kembali di penginapan. Perjalanan kembali cukup melelahkan sehingga kami tidak bisa menemani sang supir untuk melaksanakan tugasnya. kami semua sudah terbuai dalam mimpi, sehingga tidak terasa kami sudah sampai di Blora, tempat tinggal teman kami yang menjadi pemandu perjalanan kami.  Kami mampir menunaikan salat Asar dan dilanjutkan menuju penginapan di Cepu.

 Perjalanan yang menyenangkan dan berkesan. Pantai Karang Jahe bisa dijadikan pilihan wisata pantai jika berkunjung ke Rembang.

Author

liesdiana.yudiawati@gmail.com

Comments

Maret 8, 2019 at 9:23 am

Noted! Kalau ke Rembang, coba mampir ah… Seru banget ya jalan ramai-ramai sama temen gitu…



Maret 8, 2019 at 10:35 am

Bagus ya masih sepi kah atau sudah ramai? Sepertinya baru Yaaa?



Megha
Maret 8, 2019 at 2:51 pm

Sekarang mulai terkuak satu-satu yah keindahan pantai jawa timur dan jateng. Yang sebelumnya ga pernah terjamah, ternyata ga kalah indah sama pantai lain yang sudah tersohor duluan.. aduh jadi ingin mantaai



Maret 9, 2019 at 4:11 am

Ya ampun odong-odong 10 ribu sekalian jadi fotografer pak sopirnya..murah banget
Pantainya masih alami juga ya Mbak
Pernah lewat Rembang tapi belum pernah mampir..
Ternyata ada Pantai Karang Jahe yang cantik di sini. Bisa nih lain waktu pas lewat singgah dulu



Maret 9, 2019 at 5:42 am

Baru-baru ini saya ke Blora, ditawarin sih mau ke Rembang gak? Karena kami engga tahu potensi wisata Rembang, ya engga ke Rembang deh. Ternyata menarik juga. Malah lebih asyik , karena masih sepi yah…



Maret 9, 2019 at 7:32 am

Pantainya cantik banget. Saya penggemar pantai. Duh, rasanya jadi pengin ke sana…



Maret 9, 2019 at 12:34 pm

Wah, ternyata di Jepara ada pantai cantik juga, ya. Walaupun tidak berenang, menikmati suasana pantai aja sudah menyenangkan. Nice info, Bund πŸ™‚



Maret 9, 2019 at 4:09 pm

Wawww mante, syukaaa…Rembang mmg berada dipesisir pntai utara Jawa. Dulu sering sering skali ke Jawa Tengah lewat utara. Bagus pemandangannya. Tapi saya punya pngalaman pahit, mobil kami pernah terserempet truk pas di pantai Rembang tengah mlm. Itu thn 1992. Hiks…



    liesdiana
    Maret 11, 2019 at 10:15 am

    Memang jalan hy pas tuk dua mobil, kl papasan dg truk serem jg. Tp wkt ke sana jalan mau diperlebar, baru taraf penebangan pohon. Mgkn skrg sdh mulai pelebaran jlnnya



Maret 9, 2019 at 11:00 pm

Keluarga Bunda Lies, suka travelling spertinya, hehe.
Btw recomended bun. Destinasi lanjutan jika ke arah Pantura lewat Rembang.



Maret 18, 2019 at 10:00 am

Pantainya terlihat cukup bersih yaa.. kereenn..



Maret 18, 2019 at 1:13 pm

Aku dulu sering diceritain temenku tentang Pantai Karangjahe ini, tapi belum sempet ke sana …



Maret 19, 2019 at 4:37 am

Nah jadi nambah lagi daftar tempat wisata yang bakal dikunjungi, semoga ada kesempatan bisa berkunjung ke Rembang ^^



Maret 19, 2019 at 4:51 am

Saya suka nih kalau pantainya landai dan ombaknya ramah, ndak membahayakan. Soalnya saya kalau ke pantai suka bawa ponakan2 yang masih kecil.



Maret 19, 2019 at 10:56 am

Wah, baru tahu ada pantai ini di Rembang. Bisa nih jadi alternatif buat disambangi kalau pas lewat Rembang.



Maret 20, 2019 at 4:58 am

pantai di utara pulau jawa memang lebih aman ombaknya ya mbak dibanding pantai selatan jawa, suka senang kalo mudik melalui pesisir utara jawa tapi sayangnya belum pernah singgah ke salah satu pantainya, semoga suatu saat nanti. aamiin



Maret 20, 2019 at 5:22 am

waaahh, Mak-mak gaholl niiih.. posenya aja gak mau kalah ma abegeh gitu yaaa, hehehehh..
kayaknnya standard ya dimana-mana sewa tikar itu Rp 10.000,- disini juga gitu, tapi klo ada di rumah mending dibawa aja ya, biar hemat *upsss πŸ˜€



Ida Nurfitriana
Maret 20, 2019 at 9:55 am

Pesona Indonesia memang luar biasa ya. Pantainya indah2 ..seperti di Karang Jahe. Kaget juga baca ternyata biaya masuknya gratis…hehe😊😊, padahal tempatnya bagus dan banyak hal menarik di dalamnya.

Semoga pantai2 indah ini tetap terpelihara baik, tidak dikotori dgn sampah2 dari para pengunjungnya. Aamiin



Maret 20, 2019 at 11:22 am

Saya sudah lama gak rekreasi ke pantai liat postingan ini jadi pengen juga deh.



Maret 20, 2019 at 12:10 pm

Serrrru ya mbak jalan jalan bersama keluarga a apalagi bisa ke pantaiii.. Uhm terakhir sya ke pantai itu Parangtritis. Cuma akhir akhir ini cuaca kurang mendukung nih mbak kalau wisata ke pantai.



Erin
Maret 20, 2019 at 2:25 pm

Sering dengar daerah rembang ini, tapi belun sempat berkunjung. Naik odong-odong bersamm keluarga seru ya, mba.



Maret 20, 2019 at 2:30 pm

Aku belom pernah ke pantai utara.. Kecuali Ancol huuuhuuu



Maret 20, 2019 at 2:44 pm

Wah serunya..sy blm pernah k Blora, apalagi pantainya. Sekali2 nya ke pantai y pangandaran. Tp kli disuruh pilih wisata k pantai/ gunung sy lbh suka gunung 😁



Maret 20, 2019 at 4:28 pm

Pantaiii… destinasi yang paling disukai semua anak saya, apalagi kalau pantainya seindah ini, bisa nggak pulang-pulang ntar… hehe..



Maret 21, 2019 at 3:26 am

Noted. Kalau main ke rembang mampir deh.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *